CARA CEPAT MEMPERBAIKI LAMPU HEMAT ENERGI
Link will be apear in 15 seconds.
Well done! you have successfully gained access to Decrypted Link.
CARA CEPAT MEMPERBAIKI LAMPU HEMAT ENERGI ( LHE )
1. perhatikan resistor emitor dan resistor basis pada transistor, jika transistor short akan ada tanda terbakarnya resistor atau retak pada fisik transistor, apabila terjadi demikian segera ganti resistor dan transistor dengan yang baru atau masih hidup. jangan cuma mengganti resistornya saja, karena jika resistor basis dan emitor terbakar berarti transistor juga mati.
2. cek sekring / fuse, jika sekring putus atau terbakar berarti ada komponen yang short, bisa dioda penyearah, bisa milar copel, dan out, jangan cuma langsung ganti sekring / fuse saja sebelum komponen lain di cek dahulu,
3. perhatikan jalur fcb dan tiap kaki komponen biasanya ada yang retak atau kurang nempel lebih bagus solder ulang,
4. cek milar pematik di jalur kaki plus elco dan min elco, jalur min biasanya menggunakan milar 223j/100v atau 22n/100v atau 223/2A dengan kode 2A menandakan voltase 100v dan yang di kaki plus elco umumnya menggunakan 222j/1200v atau 2n2/100v dan 102/1200v atau 222/3A jika kode 3A berarti menandakan voltase 1000v
5. cek milar starter dengan kode 272 / 2n7, 332 / 3n3 , 392 / 3n9 , 472 / 4n7 , 562 / 5n6 , 682 / 6n8 , 862 / 8n6
6. cek milar out dengan kode 3n3 , 473 , 104
7. cek kaca lampu hemat energi biasanya kalau gosong itu menandakan sudah rusak, tapi sebaiknya di cek, meskipun kadang terlihat masih bening ternyata kaca putus,
jika semua sudah di cek aman tinggal di tes menggunakan bohlam anti konslet,
tanda-tanda kerusakan lampu hemat energi
1. saat di tes bohlam anti konslet nyala di tandai lampu tes nyala, jika bohlam anti konslet nyala bergetar menandakan ada dioda penyearah yang putus, jika dioda aman berarti ada jalur atau solderan atau komponen lain yang short,
2. saat mesin dan lampu tes tidak nyala tetapi lampu bohlam anti konslet nyala terang berarti dioda penyarah short semua, dan jika dioda masih bagus berarti ada milar yang mati, umumnya jika lampu bohlam anti konslet nyala terang tandanya milar mati, jika lampu bohlam anti konslet berkedip berarti milar short,
3. jika lampu di tes berkedip seperti lampu disko itu tandanya elco kering atau hamil tua,
4. jika mesin di tes dan lampu bohlam nyala berkedip seperti lampu disko bisa solderan kurang nempel dan jika bohlam anti konslet berkedip agak lambat cek milar out,
5. jika transistor over cepat panas atau transistor jebol saat baru di nyalakan berarti ada milar yang berubah nilai atau short, bisa juga trafo short, apabila transistor panas sebelah berarti nilai resistor ada yang molor,,
6. jika lampu hanya nyala di pangkal berarti milar starter short
7. jika lampu berderik cek trafo, transistor dan elco
8. jika lampu normal tetapi tidak nyala berarti listrik padam
9. jika lampu nyala normal berarti tidak rusak
10. jika lampu nyala normal dan lampu masih di bongkar berarti orangnya yang rusak,
1. perhatikan resistor emitor dan resistor basis pada transistor, jika transistor short akan ada tanda terbakarnya resistor atau retak pada fisik transistor, apabila terjadi demikian segera ganti resistor dan transistor dengan yang baru atau masih hidup. jangan cuma mengganti resistornya saja, karena jika resistor basis dan emitor terbakar berarti transistor juga mati.
2. cek sekring / fuse, jika sekring putus atau terbakar berarti ada komponen yang short, bisa dioda penyearah, bisa milar copel, dan out, jangan cuma langsung ganti sekring / fuse saja sebelum komponen lain di cek dahulu,
3. perhatikan jalur fcb dan tiap kaki komponen biasanya ada yang retak atau kurang nempel lebih bagus solder ulang,
4. cek milar pematik di jalur kaki plus elco dan min elco, jalur min biasanya menggunakan milar 223j/100v atau 22n/100v atau 223/2A dengan kode 2A menandakan voltase 100v dan yang di kaki plus elco umumnya menggunakan 222j/1200v atau 2n2/100v dan 102/1200v atau 222/3A jika kode 3A berarti menandakan voltase 1000v
5. cek milar starter dengan kode 272 / 2n7, 332 / 3n3 , 392 / 3n9 , 472 / 4n7 , 562 / 5n6 , 682 / 6n8 , 862 / 8n6
6. cek milar out dengan kode 3n3 , 473 , 104
7. cek kaca lampu hemat energi biasanya kalau gosong itu menandakan sudah rusak, tapi sebaiknya di cek, meskipun kadang terlihat masih bening ternyata kaca putus,
jika semua sudah di cek aman tinggal di tes menggunakan bohlam anti konslet,
tanda-tanda kerusakan lampu hemat energi
1. saat di tes bohlam anti konslet nyala di tandai lampu tes nyala, jika bohlam anti konslet nyala bergetar menandakan ada dioda penyearah yang putus, jika dioda aman berarti ada jalur atau solderan atau komponen lain yang short,
2. saat mesin dan lampu tes tidak nyala tetapi lampu bohlam anti konslet nyala terang berarti dioda penyarah short semua, dan jika dioda masih bagus berarti ada milar yang mati, umumnya jika lampu bohlam anti konslet nyala terang tandanya milar mati, jika lampu bohlam anti konslet berkedip berarti milar short,
3. jika lampu di tes berkedip seperti lampu disko itu tandanya elco kering atau hamil tua,
4. jika mesin di tes dan lampu bohlam nyala berkedip seperti lampu disko bisa solderan kurang nempel dan jika bohlam anti konslet berkedip agak lambat cek milar out,
5. jika transistor over cepat panas atau transistor jebol saat baru di nyalakan berarti ada milar yang berubah nilai atau short, bisa juga trafo short, apabila transistor panas sebelah berarti nilai resistor ada yang molor,,
6. jika lampu hanya nyala di pangkal berarti milar starter short
7. jika lampu berderik cek trafo, transistor dan elco
8. jika lampu normal tetapi tidak nyala berarti listrik padam
9. jika lampu nyala normal berarti tidak rusak
10. jika lampu nyala normal dan lampu masih di bongkar berarti orangnya yang rusak,